Langsung ke konten utama

Lembar Kegiatan Belajar Prakarya Kelas 7 Semester 2 - "Kerajinan Limbah Lunak"

Mata Pelajaran           : Prakarya
Semester                     : II
Tahun Pelajaran          : 2018/2019

Pokok Bahasan           : Kerajinan Limbah Bahan Lunak
Kompetensi Dasar      : Memahami pengertian, sejarah, jenis, sifat dari limbah lunak

Anggota Kelompok:
No.
Nama
No. Absen
Kelas
1



2


3


4



A.    Pengamatan dan Diskusi
Tulislah jawaban dari pertanyaan-pertanyaan berikut dengan baik dan benar!
1.     Amatilah lingkungan sekolah Anda. Tuliskanlah 5 sampah yang Anda (kelompok) sering temui di sekolah!
1. ………………………..
2. ………………………..
3. ………………………..
4. ………………………..
5. ………………………..

2.     Kelompokkanlah sampah-sampah yang sudah Anda tuliskan pada nomor 1 berdasarkan kategori organik dan anorganik!
No.
Sampah Organik
Sampah Anorganik
1


2


3


4


5



3.     Berdasarkan buku halaman 11, prinsip pengolahan sampah memakai prinsip 3R (reduce, reuse, recycle). Kelompokkanlah sampah-sampah yang sudah Anda tuliskan pada nomor 1 berdasarkan kategori reduce, reuse, recycle!
No.
Reduce
Reuse
Recycle
1



2



3



4



5




B.    Diskusi
4.     Tuliskanlah arti sampah!
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
5.     Tuliskanlah terjadinya sampah!
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Latihan Soal Prakarya Kelas 7 Semester 2 "Kerajinan Limbah Lunak"

MANAKAH SAMPAH/LIMBAH PADAT, CAIR, GAS? 1.     ASAP KENDARAAN 2.     SISA DETERGEN 3.     ASAP PABRIK 4.     MINYAK GORENG TIDAK LAYAK PAKAI 5.     BOTOL PLASTIK MANAKAH SAMPAH/LIMBAH ORGANIK, AN-ORGANIK? 6.     KULIT PISANG 7.     PLASTIK 8.     KERTAS 9.     STYROFOAM 10. KAIN PERCA MANAKAH SAMPAH/LIMBAH LUNAK, KERAS? 11. KALENG 12. KARDUS 13. KULIT JAGUNG 14. KAYU 15. KARET BAN 16. TULISKAN SATU CONTOH KEGIATAN MENGURANGI (REDUCE) SAMPAH! 17. TULISKAN SATU CONTOH KEGIATAN MEMAKAI KEMBALI (REUSE) SAMPAH! 18. TULISKAN SATU CONTOH KEGIATAN MENDAUR ULANG (RECYCLE) SAMPAH! 19. TULISKAN SATU CONTOH KEGIATAN TERJADINYA SAMPAH! 20. TULISKAN EMPAT LANGKAH MENJADI PAHLAWAN SAMPAH!

Kerajinan Limbah Lunak - Sebuah Catatan Prakarya Kelas 7 Semester 2

TUJUAN PEMBELAJARAN  Peserta didik memahami pengetahuan tentang jenis, sifat, karakter, dan teknik pengolahan kertas dan plastik lembaran LATAR BELAKANG Sumber : Pinterest ARTI LIMBAH/SAMPAH Sampah adalah suatu bahan yang terbuang atau dibuang dari hasil aktivitas manusia sehari-hari maupun proses alam yang belum memiliki nilai ekonomis. TERJADINYA LIMBAH/SAMPAH MANUSIA MEMPUNYAI KEBUTUHAN UNTUK HIDUPNYA. CONTOH, HAUS. LALU, MANUSIA MEMENUHI KEBUTUHANNYA. CONTOH, KARENA HAUS, MANUSIA AIR MINUM DI DALAM BOTOL PLASTIK. SETELAH MEMENUHI KEBUTUHANNYA, ALAT TERSEBUT DIBUANG. CONTOH, SETELAH AIR MINUM HABIS, BOTOL PLASTIK DIBUANG. AKIBAT ADANYA LIMBAH/SAMPAH  AKIBAT BURUK: Menimbulkanpemandangan menjadi tidak indah, Menghasilkan bau tidak sedap AKIBAT POSITIF: Membuka lapangan kerja baru, contoh: munculnya tenaga kebersihan, Meningkatkan kreativitas pengolahan sampah MENJADI PAHLAWAN LIMBAH MENJADI PAHLAWAN LIMBAH ADALAH BAGIAN DARI TINDAK LANJ...